Monyet Kecil – Tarsius

Monyet Kecil – Tarsius

Pernah mendengar hewan Tarsius? Di kunjungan kami ke Manado, kami sempat berkunjung ke Tangkoko-Bitung, 2 jam perjalanan darat dari kota Manado, yang terkenal dengan hewan Tarsius. Yuk kita kenalan dengan primata satu ini !

Kami mengunjungi Tarsius di Taman Marga Satwa Tandurusa, di kota Bitung. Taman margasatwa ini dikelola oleh swasta. Rencana awalnya kami ingin mengunjungi Tarius di Tangkoko National Park, tapi karena terlalu sore, akhirnya kami hanya mengunjungi Tandurusa. Jika Anda pergi ke Manado dan menyempatkan diri pergi ke Tangkoko, kunjungi Tangkoko National Park, dimana Anda bisa melihat Tarsius di habitat alamnya.

Tandurusa Tarsius | OLingGO.com

Tarsius adalah hewan mammalia terkecil di dunia, bersifat nokturnal, artinya hewan yang hidup di malam hari. Tapi tarsius juga bisa beraktivitas di siang hari. Ukurannya sangat kecil! Tarsius dewasa cuma seukuran telapak tangan kita. Dan bahkan tarsius yang masih bayi hanya seukuran jempol manusia dewasa.

Tarsius terdiri dari dua grup, yaitu Tarsius syrichta (Filipina-Barat) dan Tarsius tarsier (Sulawesi). Tarsius yang kami kunjungi ini adalah Tarsius tarsier atau Tarsius Sulawesi.

Tarsius | OLingGO.com

Tarsius bertubuh mungil, bermata besar seperti burung hantu, berekor panjang seperti tikus, berwajah seperti monyet dan lincah sekali melompat dari pohon ke pohon. Walau badannya kecil, lompatannya sangat cepat dan jauh.

Tarsius yang kami lihat kebanyakan diam di pohon, lucunyaaa.. Kalau dia lapar, dia siap siaga melompat, lalu happ… diambilnya daging ayam yang tersedia di tempat makan :) Begitu sudah mendapat makanannya, dia lompat lagi ke pohon favoritnya

Tarsius | OLingGO.com

Cukup memprihatinkan, ternyata Tarsius Sulawesi ini termasuk ke dalam hewan yang populasinya hampir terancam oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature), bahkan salah satu grup dari Tarsius Sulawesi, yaitu Tarsius Siau terdaftar sebagai 25 primata paling terancam populasinya di dunia :(

Semoga hewan unik satu ini tetap lestari, dan Anda berkesampatan untuk kenalan dengan dia :)

Tarsius | OLingGO.com

Tips | OLinGO.com

  • Perjalanan darat ke Tangkoko dari kota Manado cukup jauh (2 jam) dan cukup macet di sore hari, sebaiknya Anda berangkat pagi hari agar terhindar dari macet dan perjalanan darat yang cukup melelahkan
  • Di Taman Marga Satwa Tandurusa, Anda akan dipandu penjaga untuk melihat tarsius dan hewan lainnya (kuskus, babi rusa, elang, dsb)
  • Setelah diajak berkeliling dengan penjaga, jangan lupa siapkan tips untuk menyumbang perawatan Taman Marga Satwa yang satu ini
  • Untuk melihat Tarsius di habitat aslinya, Anda juga dapat mengunjungi Tangkoko National Park

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *