Wisata Bunaken Manado

Wisata Bunaken Manado

Anda pasti sudah sering mendengar Bunaken kan? Yup, taman laut ini adalah salah satu destinasi terkenal untuk kekayaan bawah lautnya, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di manca negara. Tujuan utama kami ke Manado adalah berkunjung ke Bunaken, jadi tidak sabar rasanya ingin segera melihat Bunaken dan biota bawah lautnya :)

Ada beberapa titik keberangkatan untuk menuju Bunaken dari kota Manado, salah satunya adalah melalui Pelabuhan Marina, bisa dicapai dengan 10 menit jalan kaki dari salah satu jalan utama Manado, jl. Pierre Tendean. Pelabuhan ini cukup rapi, terawat dan bersih.

Dari pelabuhan Marina, kami diajak naik perahu menuju Pulau Bunaken, perjalanan kurang lebih 20 menit. Kami bisa melihat pemandangan pinggir kota Manado dan pulau Manado tua yang berbentuk bukit.

Bunaken | OLinGO.com

Di tengah perjalanan, kami diajak pindah kapal, ke kapal dengan dasar kaca untuk melihat ke dasar laut! Woww, ada rumput laut, ada ikan begitu banyak warna warni yang sibuk berenang dari karang dangkal ke dasar laut, karang yang begitu beraneka ragam, bahkan kami menemukan penyu yang sedang berenang. Jika Anda pernah menonton film Finding Nemo, maka anda akan melihat kenyataan yang sama disini (banyak ikan Nemo-nya lho :p). Sayangnya pemandangan luar biasa ini tidak dapat kami abadikan dalam kamera, tapi tetap melekat di memori kami :)

Bunaken | OLingGO.com

Saking jernih airnya, dasar laut yang dangkal kelihatan jelas lho :)

Bunaken | OLingGO.com

Nah, show time, saatnya tiba di Pulau Bunaken untuk siap snorkeling dan diving! Sebelumnya, ternyata di pantai banyak bintang laut lohh..”Patrick-patrick” ini semakin keliahat jelas di waktu siang ketika air surut. Ada yang berendam, ada yang berjemur, coba pegang deh!

Bunaken | OLingGO.com

Bunaken | OLingGO.com

Snorkeling di Bunaken berbeda dengan snorkeling yang pernah kami lakukan di tempat lain. Di area yang dapat diinjak manusia, karang memang sudah rusak, tapi begitu ke tempat yang lebih dalam, woww! Karang masih indah, air laut yang jernih, banyak ikan beraneka ragam di sekeliling kami… Selama snorkeling Anda biasanya akan ditemani penjaga (awak kapal), jadi jangan khawatir atau panik ya..

Bunaken | OLingGO.com

Ada aktivitas seru lho selama snorkeling, yaitu kasih makan ikan. Buka sekantong Marie regal di bagian ujung, remas2 hingga hancur, lalu masukkan air kedalamnya. Beri makan ikan sedikit – sedikit, maka ikan  – ikan akan datang mengerumuni kita berebut makanan. What a fantastic moment also! :)

Hmm, bagaimana dengan diving? Kami sempat coba diving di Bunaken untuk pertama kalinya! Deg – deg-an sih membayangkan dalamnya laut, tapi penasaran dan semangat membayangkan berenang di dalam laut dalam di antara ikan-ikan ini. Diving dipandu oleh instruktur profesional dan ketika menyelam ditemani oleh satu divemaster supaya kita tidak ‘tersesat’ 😀

Bunaken | OLinGO.com

Tabung udara terasa berat, pakaian selam pun begitu banyak atribut. Tetapi mudah dipahami dan dipelajari. Yihaaa! Momen menyelam ini merupakan salah satu momen terkeren sepanjang sejarah pertualangan kami. Ikan – ikan dan karang warna warni yang tadinya hanya terlihat di kapal kini bisa kita lihat dari dekat dan menyatu diantaranya. Bayangkan kita ke seaworld, banyak ikan disana, tapi kita ada di tengah-tengahnya! Apalagi ketika melihat rangkaian sinar matahari masuk menembus air menuju ke dasar yang tidak terlihat mata, rasanya kita berada di sebuah keajaiban dunia. Fantastis! Anda wajib mencobanya. Memang butuh biaya lebih, tetapi semua itu worthed!

Selesai diving snorkeling ternyata perut terasa lapar… Tenangg, ikan bakar, kelapa muda, kangkung cah, nanas menanti di Resto Cicak Senang, yummy!

Bunaken | OLingGO.com

Bunaken | OLingGO.com

Taman Laut yang satu ini memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya, sekitar 390 jenis terumbu karang dan berbagai spesies ikan (90 spesies ikan), mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Sayang, Taman Laut yang didirikan tahun 1991 dan merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, mengalami degradasi kecil akibat penambangan terumbu karang, kerusakan akibat jangkar, penggunaan bom dan sianida dalam menangkap ikan, kegiatan menyelam dan sampah. So, ketika Anda menyelam di Bunaken, pastikan Anda tetap peduli lingkungan yaa.. 

Bunaken lebih daripada sekedar tahu dalam buku, Bunaken adalah pengalaman menyelam. Ditunggu kedatangannya di Bunaken :)

Tips | OLinGO.com

  • Kami berkunjung ke Bunaken di libur Lebaran sehingga cukup sepi dan tidak berdesakkan di kapal
  • Jangan lupa membeli Marie Regal atau Biskuat ukuran kecil sebelum ke Bunaken, karena jika Anda membeli di Bunaken, harganya cukup mahal
  • Untuk Anda yang tertarik diving dan first timer, Anda bisa mengambil paket Diving Course untuk pemula (teori 20 menit, praktek dan diving bersama divemaster). Biasanya pemula diperbolehkan menyelam 6-9 meter
  • Lamanya snorkeling dan diving bebas, biasanya sekitar 1-2 jam
  • Biaya yang perlu disiapkan ke Bunaken di Bunaken : (silakan tawar menawar ya..)
  1. biaya sewa kapal dan asuransi
  2. snorkeling : biaya sewa peralatan snorkeling dan biaya sewa peralatan snorkeling penjaga kapal (pemandu snorkeling)
  3. diving : biaya diving (sudah termasuk sewa peralatan dan pelajaran untuk first timer)
  4. biaya makan : dihitung per kepala
  5. tips untuk pemandu snorkeling dan awak kapal (biasanya orang yang sama)
  • Mintalah penjelasan biaya apa saja dengan jelas di awal deal dengan agent
  • Setelah snorkeling / diving, minum air putih yang cukup
  • Tidak disarankan terbang pada hari yang sama dengan diving, jadi rencanakan kunjungan Anda ke Bunaken dengan tepat
  • Sebaiknya berangkat dari Manado ke Bunaken pada pagi hari jam 8. Air masih pasang sehingga ketika Anda turun dari perahu, tidak perlu berbasah ria :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *