Pemandangan Gunung Bromo

Pemandangan Gunung Bromo

Pernahkah kamu melihat sunrise keren di Indonesia? Di puncak pegunungan pula. Pasti akan langsung teringat Gunung Bromo. Setuju?IMG_6964Foto atas: View dari area Pananjakan

IMGP0083Kami mengunjungi Bromo bersamaan dengan acara Bromo Marathon. Kebetulan kami hobby lari dan ada penyelenggaraan Bromo Marathon di tahun 2013 kemarin. Jadi berolahraga sembari menikmati keindahan alam Indonesia di Bromo, pengalaman yang luar biasa. Fantastis!

 

IMG_6778Sampai di Bromo, siang – siap dengan udara yang dingin. Bahkan suhu bisa mencapai 0 derajat celcius ketika musim dingin. Pastikan bawa pakaian dingin (Jaket, syal, bahkan sarung tangan & topi kupluk untuk jaga – jaga). Segera datangi Visitor/ Information Center untuk sewa Jip keesokan hari untuk melihat sunrise di Pananjakan.

 

IMG_6958 Satu jip bisa diisi 4 – 5 orang. Semua memakai jip Hard Top a.k.a land cruiser lawas. Pemandangan kumpulan Jip – jip ini terlihat keren lho terutama pas sudah di padang pasir. Pastikan kamu bangun tepat waktu (sebelum jam 5 pagi) karena ramainya wisatawan menuju Pananjakan menunggu matahari terbit. You better hurry!

 

Banyak sekali wisatawan yang menyaksikan sun rise. Saking terkenalnya gunung Bromo, wisatawan mancanegara pun berdatangan kesini. Jika kamu belum pernah ke Bromo, artinya kamu wajib segera angkat koper & ransel anda kesini!

Setelah kamu dijemput & sampai di Pananjakan, kamu mungkin perlu berjalan sedikit untuk mencapai puncak Pananjakan karena banyaknya mobil yang parkir. Ya itung – itung sekalian menghangatkan badan:)

Dari Pananjakan kamu akan melihat gunung Bromo dikelilingi kabut tebal. Di kejauhan pun terlihat gunung Semeru mengeluarkan asap dari puncaknya. Langit mulai berwarna kuning oranye, seperti sebuah lukisan.

IMG_6892

Pemandangan yang luar biasa ini wajib dinikmati. Jangan kebanyakan foto selfie yah. Kabut perlahan mulai turun dan menipis. Tersisa puncak gunung dan rumah – rumah penduduk di lereng pegunungan mulai terlihat. Ini benar – benar pemandangan yang luar biasa, bahkan kamera kami pun ga bisa menceritakan betapa indah pemandangannya. Intinya, ikuti prosesnya dengan seksama. Fantastis!

IMG_6931Foto atas: Gunung Semeru di kejauhan

IMG_6950Foto atas: Pegunungan di sekitar Gunung Bromo

IMG_6938Foto atas: Sinar matarari di lereng gunung

Setelah melihat matahari terbit jangan langsung balik ke mobil. Coba kelilingi daerah sekitar Pananjakan, sekitar area parkiran mobil.  Banyak lokasi dengan view dasyat lho! Toh jalanan bakal sedikit macet karena banyaknya mobil. Foto paling atas artikel ini pun diambil dari kawasan sekitar Pananjakan. Cantik bukan?

IMG_6989Foto atas: view dari daerah Pananjakan

Dari Pananjakan kami akan dibawa pak sopir ke kawasan Gunung Bromo. Buka mata lebar – lebar karena banyak pemandangan indah disana. Jangan sungkan minta berhenti untuk mengambil foto & menikmati view-nya.

IMG_6990Foto atas: View Gunung Bromo di balik Gunung Batok dan sekitarnya

IMG_7001Foto atas: Pasukan Jip di padang pasir.

Kamu akan dibawa berkeliling menuju area di sekitar gunung bromo. Urutannya seperti ini: padang pasir, padang rumput teletubies (kamu akan mengerti kenapa dinamain begitu), pasir berbisik, dan gunung bromo itu sendiri.

IMG_7046IMG_7106Foto atas: Padang rumput Teletubies (Savannah)

IMG_7122Foto atas: Pasir Berbisik (pasirnya berkilauan kena sinar matahari)

Setelah melewati pasir berbisik, tiba kita di kaki gunung Bromo. Walau tetep agak jauh sih. Semua jip parkir disana. Jangan lupa sarapan pecel sayur khas Bromo. Nasi pecel, gorengan, teh manis anget, seru deh.

IMG_7162

Setelah perut kenyang, waktunya menanjak ke kawah gunung Bromo. Kamu bisa jalan kaki atau sewa kuda. Kalau mau sewa kuda mending dari awal. Kalau di tengah jalan baru manggil kudanya, bargaining power kamu bakal turun karena abang-nya tau kamu kecapean, hehe. Medan-nya lumayan berat, tanahnya berpasir agak tebel. Jadi butuh tenaga ekstra. Tapi seru lho. Oh iya, kalau angin kenceng, pasir suka berterbangan. Hati – hati banyak ‘ranjau’ juga hehe.

IMG_7199

Pastikan fisik kamu kuat mendaki ratusan anak tangga menuju kawah gunung. Kalau ga salah 300-an anak tangga deh. Bawa kamera yang bagus, tongsis, atau teman yang jago foto. IMG_7215

Hati – hati kalau sudah sampai puncak, abis cape naik tangga suka kleyengan lho.

IMG_7213Foto atas: View dari puncak Gunung Bromo. Lokasi parkiran mobil kelihatan seperti semut

Wisata gunung Bromo ini sangat indah, pastikan kamu sempat menikmati keindahan alam Indonesia disini. Have a nice trip!

Tips | OLinGO.com1. Kawasan ini memiliki udara yang dingin hingga dingin banget. Pastikan membawa pakaian dingin, termasuk kupluk & sarung tangan.

2. Perjalanan ke gunung bromo kita akan melalui & bermain di padang pasir, rumput, dan sebagainya. Lebih baik menggunakan sepatu daripada sendal.

3. Bawa ransel jauh lebih baik daripada koper karena ransel bisa lebih fleksibel dibawa kemana – mana untuk bertualang.

4. Sampai di kawasan segera sewa Jip untuk esok harinya. Ke gunung Bromo hanya bisa menggunakan Jip, tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi. Penyewaan Jip pun dikelola oleh koperasi sehingga lebih nyaman & transparan bagi wisatawan.

5. Bawa kamera untuk mengabadikan pemandangan yang luar biasa disana.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *