Wisata Kuliner di Cirebon

Wisata Kuliner di Cirebon

Beberapa tahun terakhir banyak wisatawan khususnya dari Jakarta mengunjungi Cirebon.  Tidak sedikit pula orang pulang hari ke cirebon sekedar mencicipi makanan khasnya seperti nasi Jamblang, Empal Gentong, dll serta berburu batik. 1 hari di Cirebon kamu akan puas makan dan belanja, itu kata orang – orang yang sudah kesana.

Kamu bisa berangkat ke Cirebon menggunakan kereta Cirebon Express. Disana tinggal sewa mobil untuk mengantar ke lokasi lebin cepat & nyaman. Biaya akomodasi pun tidak mahal, biaya kereta PP (pulang pergi) hanya sebesar Rp.240.000,- PP untuk kelas eksekutif. Sewa mobil Rp. 300.000,- per hari. Kalau pergi berlima, seorang hanya butuh Rp. 300.000,- untuk akomodasi & hati pun senang:)

Sebaiknya kamu berangkat menggunakan kereta paling pagi jam 6.00. Perjalanan memakan waktu 3 jam, lebih singkat daripada membawa mobil sendiri.

IMG_4854

Sampai di Cirebon, waktunya sarapan. Makan apa yah? Coba melipir ke Nasi Jamblang Bu Nur, lokasinya tidak jauh dari Stasiun, belakang mall Grage. Cukup nyaman dan adem karena ada AC.

Jangan makan terlalu kenyang karena masih banyak spot makanan menanti kamu:)
IMG_4859Menunya semua tinggal pilih lalu tinggal bayar deh. Harga berkisar 8000 hingga 15 ribuan saja untuk porsi ‘wajar’.

Jangan lupa coba perkedelnya. Top banget! Luarnya agak garing, dalamnya lembut.
Setelah sarapan, kamu bila tentukan acara selanjutnya. Bisa ke pusat batik Trusmi, atau menjelajahi Kuningan. Disana ada rumah perjanjian Linggarjati yang terkenal itu lho. Perjalanan menuju kuningan memakan waktu 1.5 jam saja. Cukup singkat.

IMG_4921

IMG_4920Di tengah perjalanan menuju Kuningan kamu bisa mencicipi Tahu Kopeci. Rasanya si aga mirip seperti tahu Sumedang. Ada yang tawar ada yang pedas. Sekalian untuk cemilan di tengah perjalanan:)

Oke, lanjut ke makan siang. Nasi Jamblang, udah. What next? Yes, Empal Gentong! Segera melipir ke Empal Gentong Krucuk. Dagingnya besar & lembut. Kuahnya tidak terlalu medok, pas rasanya.

IMG_4942IMG_4946Ada pilihan daging atau campur. Sesuai selera lha ya:). Oh iya, satenya juga enak lho. Monggo dicoba

Oke, belum setengah hari udah 2 kali makan berat. Sembari ‘nurunin’ perut, ada baiknya belanja oleh – oleh ke toko Shinta. Disini kamu akan menemukan berbagai macam oleh – oleh manisan khas cirebon. Dateng agak sore lebih nyaman, karena kebanyakan wisatawan ud mulai balik. Banyak yang pulang hari soalnya. Kamu pun sebaiknya pulang hari kalau ga pengen tambah gendut disini:p Btw, tahu gejrot di depan Toko Shinta juga enak lho. Makan lagi dehhh.

Cerita selanjutnya kami sambung nanti ya, mau lanjut makan duluuuu:D

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *