Wisata Kuliner di Padang

Wisata Kuliner di Padang

Siapa sih yang tidak suka makanan Padang? Hampir semua orang pasti suka makanan yang satu ini… Tapi ternyata belum ada apa-apanya kalau belum coba kuliner asli di Padang!

Minggu lalu Olinggo pergi wisata kuliner ke kota Padang dan masih terbayang-bayang enaknya makanan-makanan di Padang.

Nah berikut rekomendasi Olinggo buat kamu yang ingin wisata kuliner di Padang! Semua tempat kuliner di kota Padang ini jaraknya tidak berjauhan, so siapkan perut kamu untuk menjajal makanan-makanan enak ini setiap 100 meter :

1. Bistik ayam Hoya – Jl. HOS Cokroaminoto

 

IMG_5108

Yang pertama tersirat di benak kami tentang bistik ayam adalah bistik yang biasanya kita makan, bola daging disertai kentang goreng dan wortel. Ternyata bistik ayam Hoya yang satu ini beda dan rasanya wow… Satu porsi hanya ± 27.000 Rupiah. Anda bisa menikmati potongan daging ayam dengan saus kental, kentang tumbuk yang dibentuk padat, plus sayuran pendamping bistik. Jangan lupa siram kuah manisnya, yang menambah rasa makin wow!

IMG_5109

Porsi bistik ini tidak terlalu besar, jadi Anda bisa pesan satu untuk Anda sendiri atau bagi dua jika ingin menyisihkan perut untuk kuliner selanjutnya.

Toko Hoya menjual kue dan roti-roti klasik, dan bistik lidah. Olinggo sempat mencoba bakwan udang, harganya hanya 2000 rupiah saja, hmm, enak dan masih tradisional rasanya.

2. Es Durian Ganti Nan Lamo – Jl. HOS Cokroaminoto

IMG_5313

Wah yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan, karena ini salah satu es durian terenak yang pernah kami coba! Ganti Nan Lamo ada di 3 lokasi (menurut penduduk, yang punya masing-masing outlet adalah anak-anak pemilik), tapi lokasi yang paling ramai adalah di Jl. HOS Cokroaminoto, di perempatan jalan. Rasanya sih mirip, hanya tempat di HOS ini lebih café sehingga lebih ramai dikunjungi orang-orang Padang.

IMG_5317

Harga sangat bersahabat, hanya 17ribu Rupiah untuk 1 porsi es durian. Porsinya cukup besar, bisa untuk 2 orang.

Rasa duriannya sangat terasa, masih ada serat-serat lembut durian, dicampur cingcao hitam, susu kental manis coklat. Rasanya enak bangett, kami sampai 2 kali kembali ke tempat ini karena ketagihan 😀

Menurut penduduk Padang, buat Anda yang lebih suka durian yang semakin medok rasanya, silakan coba Durian Float. Sayang kami belum sempat mencoba yang satu ini..

Tips | OLinGO.com

 

Ganti nan Lamo di jl. HOS Cokroaminoto free air putih :)

 

 

3. Sea food Djoni Kun, Jl. Batang Arau

IMG_5197

Wah, kalau lihat tempat jualannya, bisa jadi Anda berpikir kurang meyakinkan. Tapi restoran sea food ini terkenal di Padang. Tempatnya tidak terlalu besar, sederhana tapi ramai silih berganti orang. Apa saja yang enak di tempat ini?

IMG_5219

IMG_5217

Ikan pari bakar dengan bumbu khas Padang, ikan goreng pari yang garing, tahu kipas! Ikan pari gorengnya wajib dicoba, enak, gurih, garing, tidak amis. Tahu kipas juga wajib dicoba, dinikmati begitu saja atau ditambah sambal asam manis atau kecap manis. Dan ternyata saking lakunya, tahu ini harus dipesan dari beberapa jam sebelum loh.

IMG_5209

Disini kami bertemu dengan pemusik yang suaranya bagus, menyanyikan lagu-lagu daerah Padang, plus bisa request lagu-lagu daerah yang buat makin cinta Indonesia J

Tips | OLinGO.com

 

Jangan lupa booking tempat jika ingin makan di Djoni Kun dan order tahu kipas beberapa jam sebelumnya.

 

4. Ayam goreng Rumah Makan Pagi Sore – Jl. Pondok

IMG_5175

Rumah makan yang satu ini sudah berdiri sejak 1967, namun beberapa waktu lalu sempat terbakar, dan saat ini sudah beroperasi normal. Rumah makan pagi sore menyediakan makanan Padang, seperti restoran Padang pada umumnya.

Tapi yang tidak boleh Anda lewatkan, adalah ayam gorengnya! Ayam gorengnya kriuk, lembut dagingnya, gurih, salah satu ayam goreng terenak. Porsinya kecil (sepertinya ayam kampung), so tidak heran kalau kami bisa makan 5 ayam goreng sekali makan! Haha…

IMG_5179

Ketika datang, Anda akan disuguhkan piring berisi nasi yang diisi serundeng manis, kacang lembut, sayur hijau dan sambal. Lalu seperti restoran Padang lainnya, berdatangan piring-piring kecil berisi masakan khas Padang.

IMG_5182

Favorit kami disini pastinya ayam goreng nya yang top! Kami sampai kembali 2 kali ke restoran ini demi ayam gorengnya 😀

Btw, disini kita bertemu dengan pemusik yang sama lagi 😀

Tips | OLinGO.com

 

Sebaiknya Anda datang ketika jam makan siang, karena ayam gorengnya masih hangat dan fresh dari penggorengan

 

5. Kedai kopi Harum Manis – Jl. Niaga

IMG_5230

Di sepanjang jalan ini memang berderet kedai kopi, yang buka dari pagi sampai siang saja. Di pagi hari suasananya ramai, banyak orang yang habis jalan pagi mampir ke kedai ini, atau sekedar sarapan bersama keluarga. Kami pesan kopi susu di kedai ini, rasanya enak

IMG_5236

IMG_5237

Untuk makanan, Anda bisa pesan beberapa makanan yang dijual di gerobak makanan depan kedai ini. Ada sate Padang kuah kuning, gado-gado Padang, mie.. Kami coba sate Padang dan gado-gado Padang. Rasanya cukup enak..

Btw, disini lagi-lagi kamu bertemu pemusik yang kemarin, tapi kali ini mereka duet 😀

IMG_5242

6. Jajanan Malam Jl. Tepi Pasang

IMG_5389

Ternyata kuliner di Padang tidak cuma ada di siang hari, tapi malam hari juga! So, jangan segera tidur di malam hari, tapi sempatkan jalan-jalan ke Tepi Pasang. Sepanjang jalan, banyak restoran dan gerobak makanan yang patut dicoba. Gado-gado Padang yang rasanya enak banget, sate Padang Danguang Danguang, es cendol hunkue, sate ayam, dan masih banyak lagi.

Gado-gado Padang yang enak ada di dekat tikungan Tepi Pasang. Gado-gado Padang disajikan dicampur kol mentah, jadi kalau Anda tidak suka kol mentah, minta saja “kerupuk kentang”, maka Anda akan disajikan gado-gado Padang dengan banyak kentang tipis, tanpa kol mentah, nyammm..

Sate padang kuah kuning yang lumayan terkenal adalah Danguang-danguang, letaknya di seberang Gado Padang dekat tikungan jalan Tepi Pasang.

IMG_5398

Dan es cendol yang wajib dicoba di Tepi Pasang adalah es cendol hunkue. Sayang ketika kami ke sana, sudah habis L Supaya tidak kehabisan, Anda harus ke tempat es cendol ini di siang/sore hari..

 7. Kopmil di Seberang Klenteng, Jl. Niaga

IMG_5383

Malam-malam, anak muda Padang nongkrong di warung kopmil. Apa sih kopmil? Kopmil adalah kopi milo 😀 Salah satu minuman yang dijual di kedai kopi di depan kelenteng Padang. Murah meriah, unik rasanya, sambil menghabiskan waktu menikmati suasana Padang.

IMG_5385

Nah, itu daftar kuliner yang wajib dicoba di kota Padang

Gimana dengan oleh-oleh dari Padang? Wah, yang satu ini juga tidak bisa dilewatkan :

1. Dendeng balado DB Food

IMG_5128

Dendeng yang satu ini top banget dan tidak boleh dilewatkan. Letaknya di dekat kelenteng, di jalan kecil. Anda bisa beli dalam berbagai ukuran : ¼ kg, ½ kg atau 1 kg. Dendeng yang satu ini juga sudah “diimport” ke Jakarta loh.. Bisa disimpan di freezer berbulan-bulan pula.

Dendeng ini dari daging sapi yang agak tipis, lalu dicampur dengan cabai merah dan bawang. Rasanya bikin ketagihan dan tambah nasi terus.

Tips | OLinGO.com

 

Untuk oleh-oleh ukuran ekonomis, Anda bisa membeli ¼ kg, namun lebih mahal Rp 5.000

 

 2. Keripik kentang Nan Salero

IMG_5149

Kalau orang luar Padang tahunya keripik Christine Hakim, tapi kalau orang Padang sukanya keripik Nan Salero

Keripik ini bisa Anda beli di toko Nan Salero, di Jl.Niaga. Keripik kentang yang satu ini enak dimakan dengan nasi atau dijadikan camilan. Rasanya kriuk, manis, pedas sedikit, ada potongan petai, kacang dan teri. Anda wajib coba yang satu ini! Harganya cukup mahal, 1 bungkus Rp 32.000, tapi harus Anda coba pokonya 😀

 3. Aneka snack Kacang Tojin Nipah

IMG_5114 - Version 2

Disini tersedia begitu banyak makanan kecil, caminal, oleh – oleh yang bisa anda temukan. Mulai dari bahan kacang – kacangan hingga kripik – kripik ada disini. Favorit kami disini kue koya putih. Yummy!

IMG_5118

 4. Rendang Slamet

Rendang ini salah satu rendang favorit di Padang. Anda bisa pesan dalam ukuran ½ kg atau 1 kg. Dagingnya empuk, bumbunya pas, tidak terlalu asin. Rasa rendangnya sedikit berbeda dengan rasa rendang di restoran Padang pada umumnya, tapi wajib Anda coba!

(Ga ada fotonya karena pesennya jauh titip saudara :p)

 5. Dendeng hijau dan dendeng kering Rumah Makan Martha

IMG_5112

Kami hanya mampir sebentar di rumah makan ini, untuk bungkus dendeng hijau. Dendeng salah satu makanan khas Padang, ada dendeng cabai merah seperti DB Food dan ada juga cabai hijau. Rasanya cukup berbeda, jadi Anda perlu coba dua-duanya

Kami sempat membeli juga dendeng kering yang dibungkus plastik kecil, Rp 15.000. Dendeng ini sudah disuwir, dibumbui, dan digoreng kering. Rasanya enak loh!

 

Menarik kan Padang? Tunggu apa lagi? Tinggal beli tiket menuju Padang dan siapkan perut Anda untuk menikmati makanan kuliner Padang yang enak dan bersahabat dengan kantong 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *